Coolturnesia - Mendengar namanya saja sudah pasti masyarakat Gorontalo tidak asing dengan nama ini, Kuliner yang melegenda yaitu Nasi Goreng Sagela.

Buat yang belum kenal dan merasakan nasi goreng ini, Coolturnesia akan membahas secara ringan pada edisi kuliner kali ini.

Nama Nasi Goreng Sagela disematkan karena masakan nasi yang dicampur dengan ikan asap yang memiliki berbagai jenis nama di Sulawesi, untuk Gorontalo diberi nama Sagela dan Sulawesi Utara yaitu Roa.

Proses memasaknya dimulai dari mencampurkan sejumlah bumbu dapur, seperti bawang putih yang telah dihaluskan, garam, msg, daun bawang, kecap manis, saus tiram dan saus penyedap rasa.

Setelah semua bumbu dimasak dengan menggunakan minyak goreng dan margarin, nasi putih dicampur lalu ditambahkan sambal berbahan dasar cabe rawit dan ikan sagela.

Telur dadar atau mata sapi serta ketimun menjadi pelengkap masakan yang sempat booming pada beberapa tahun silam di Gorontalo ini.

Kali ini Coolturnesia berkesempatan untuk mengabadikan proses pembuatan nasi goreng legend ini Warung Kopi Hobbies di Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Hasilnya?.. So pasti enak dan bikin ketagihan.

0 Comments

Leave A Comment