Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo Menghadiri Seminar dan Lokakarya OPCC 2023 di Jakarta. F. Diskominfo Kab. Gorontalo.

Coolturnesia – Gorontalo – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menghadiri Seminar Lokakarya One Planet City Challenge (OPCC) 2023, di AONE Hotel Jakarta. Rabu (13/06).

Komitmen berpartisipasi dalam kompetisi OPCC, Pemerintah Daerah diwajibkan untuk melaporkan inventarisasi, rencana dan implementasi aksi iklim serta pembangunan rendah emisi. Nelson mengatakan, Kompetisi OPCC merupakan bentuk apresiasi bagi Pemerintah Daerah yang memiliki komitmen dan perencanaan pembangunan rendah emisi dan adaptif terhadap dampak perubahan iklim.

“Pemerintah daerah sedunia bergabung di sini, membahas bagaimana perencanaan, rencana aksi sampai dengan pendanaan terkait perubahan iklim,” katanya, usai kegiatan tersebut.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo adalah salah satu daerah yang sejak awal berkomitmen dalam perencanaan aksi perubahan iklim.

“Sebagai salah satu wilayah yang masuk dalam daftar rentan perubahan Iklim, Pemkab Gorontalo, sejak 2017 merumuskan strategi kebijakan adaptasi perubahan iklim,” jelas Nelson.

Pemkab Gorontalo telah membentuk Kelompok Kerja (Pokja) melalui Bapelitbangda bersama dengan Yayasan Transformasi Kebijakan Publik Indonesia (Transformasi), selaku pengelola dana hibah dari Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF), yang menangani dana-dana perubahan iklim di Indonesia.

“Rencana aksi tersebut terintegrasi dengan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), serta sektor terkait sejak 2017,” tandasnya. (*as - https://gorontalokab.go.id/)

0 Comments

Leave A Comment