Tabel Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Gorontalo 2023. Sumber BPS Prov. Gorontalo.

Coolturnesia - Gorontalo - Dalam kurun satu tahun terakhir, di 2023 perekonomian di Provinsi Gorontalo tumbuh sebesar 4,50 persen, lebih besar dibanding pertumbuhan ekonomi di 2022. Hal itu diungkapkan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo Mukhamad Mukhanif, dalam rilis pertumbuhan ekonomi Provinsi Gorontalo. Senin (05/02/24).

Mukhanif mengungkapkan, meski Lapangan Usaha (LU) Pertanian mendominasi struktur Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) 2023 di Provinsi Gorontalo, namun di 2023, justeru LU Perdagangan menjadi sektor yang memiliki pertumbuhan terbesar selama satu tahun, mencapai 9,95 persen. Disusul pengadaan listrik dan gas (6,29%), serta transportasi dan pergudangan (6,18%).

Masih ditinjau dari struktur PDRB dan Pertumbuhan Ekonomi Menurut Lapangan Usaha di 2023, pertumbuhan di LU Pertanian memberikan sumbangan terbesar dalam pertumbuhan ekonomi di Provinsi Gorontalo (37,73%). Itu maknanya, sebagian besar masyarakat Provinsi itu menjalankan usaha sebagai petani.

“Aktivitas lapangan usaha perdagangan sebesar 13,78%, tapi pertumbuhannya 9,95%. Sehingga perdagangan memberikan kontribusi tertinggi terhadap pertumbuhan perekonomian di Provinsi Gorontalo,” terang Mukhanif.

Dia menjelaskan, Pertumbuhan ekonomi Provinsi Gorontalo dalam 2023 sebesar 4,50 persen itu, masih berada di bawah pertumbuhan ekonomi nasional yang lebih tinggi dari lima persen.

Sementara itu, dilihat dari sumbangannya pada pertumbuhan ekonomi di Sulawesi, Provinsi Gorontalo berkontribusi sebesar 3,50 persen, menjadi yang paling rendah di seluruh provinsi yang ada di Sulawesi.(*as)

0 Comments

Leave A Comment