Foto Bersama Usai Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo TA 2022. F. Diskominfo Kab. Gorontalo.

Coolturnesia – Gorontalo – Pemerintah Kabupaten Gorontalo kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Raihan itu berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Gorontalo, atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Gorontalo tahun Anggaran 2022.

Opini WTP kali ini merupakan yang kedelapan. Itu artinya selama dua periode kepemimpinan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Pemerintah Kabupaten Gorontalo meraih opini WTP sebanyak delapan kali berturut-turut.

Terkait arahan Kepala BPK RI Perwakilan Gorontalo, tentang dalam pelaksanaan rekomendasi, agar segera melaksanakan dan menyelesaikannya selama 60 hari kerja. Sejumlah rekomendasi segera ditindaklanjuti.

“Dalam menindaklanjuti hal itu, kami telah menyusun rencana aksi, mohon bimbingan dan arahan dari BPK agar tindaklanjut hasil audit dapat terselesaikan tepat waktu,” ujar Nelson.

Opini WTP pada hakekatnya merupakan wujud apresiasi pemeriksa, di samping adanya rekomendasi – rekomendasi yang juga tak kalah penting, untuk perbaikan ke depan. Predikat WTP sungguh merupakan suatu apresiasi yang membanggakan bagi Pemerintah Daerah.

“Namun sekaligus merupakan beban moril yang cukup berat bagi kami. Karena publik seringkali berpendapat bahwa dengan diraihnya opini WTP, maka ketiadaan penyimpangan dalam pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah, antara opini WTP dan akuntabilitas tentunya harus selaras” jelas Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

Pemerintah Kabupaten Gorontalo telah meraih opini WTP sebanyak 14 kali. 6 kali pada masa pemerintahan sebelumnya, dan alhamdulillah pada hari ini untuk yang ke- 8 kalinya pada masa Pemerintahan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.(*as - https://gorontalokab.go.id/) 

0 Comments

Leave A Comment