Foto udara Benteng Otanaha yang berada di atas bukit dan menghadap ke Danau Limboto di Dembe, Kota Gorontalo, Gorontalo. Foto Coolturnesia

Cooturnesia - Kali ini kita mengunjungi Benteng Otanaha yang merupakan salah satu bukti peninggalan sejarah yang ada di Gorontalo terlepas dari budaya dan adat istiadatnya yang sangat dikenal hingga ke mancanegara.

Dulunya sebelum berfungsi sebagai benteng pertahanan oleh raja-raja, Benteng Otanaha yang dibangun atas persetujuan dari Raja Ilato ini juga pernah menjadi tempat perlindungan dari serangan musuh bagi para bangsa Portugis.

Sementara, nama Otanaha itu menurut sejarah merupakan gabungan dari kata Ota atau benteng dan Naha ialah nama dari anak Raja Ilato yang juga adalah orang yang menemukan kembali benteng ini.

Terletak di Kelurahan Dembe 1, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, benteng tersebut terbagi menjadi tiga yaitu Otanaha, Otahiya dan Ulupahu.

Lokasinya yang tepat berseberangan dengan Danau Limboto membuat banyak wisatawan kerap kali ingin berkunjung ke obyek wisata ini untuk menikmati luasnya danau ditemani pemandangan Kota Gorontalo dan perbukitan yang mengelilinginya.

Cukup dengan menempuh jarak sekitar 8 km dari pusat Kota Gorontalo menggunakan transportasi darat, sobat Coolturnesia sudah dapat menikmati obyek wisata yang terletak di puncak bukit ini.

Untuk ke Benteng Otanaha ada jalur yang disediakan, sobat coolturnesia bisa jalan kaki dengan menaiki 351 anak tangga ditemani pemandangan danau Limboto yang jika semakin tinggi kalian menaiki tangga maka akan semakin luas pula hamparan danau yang bisa dinikmati.

Tenang saja, bagi yang malas atau sulit untuk berjalan kaki telah tersedia jalan di sisi lain benteng yang bisa dilewati baik motor, bentor hingga mobil.

Saat ini benteng otanaha telah dilengkapi oleh berbagai fasilitas tambahan yang dapat dinikmati oleh sobat Coolturnesia, di antaranya ada pendopo kecil untuk bersantai  dan beberapa spot foto cantik dengan latar belakang bukit serta danau Limboto.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat ini adalah pagi dan sore hari. Sobat coolturnesia sangat tidak dianjurkan untuk berkunjung saat siang hari karena teriknya matahari.

Sobat Coolturnesia juga dapat menikmati indahnya langit jingga saat matahari terbenam dari atas benteng ini.

0 Comments

Leave A Comment