Kesepahaman (MoU) Pengembangan Tanaman Jagung di Kabupaten Gorontalo.

Coolturnesia - Gorontalo - Dalam suasana perayaan Lebaran Ketupat nan meriah, Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Koperasi Tani Nusantara Mandiri bersama PT Casagro Futura Pratama (Produsen pupuk pertanian), PT Charoen Pokphand Indonesia (Produsen pakan ternak dari jagung), serta Bank Sulutugo, bersepakat mengembangkan tanaman jagung di Kabupaten Gorontalo. Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan oleh masing-masing pihak dalam sebuat catatan kesepahaman (MoU). 

Penandatangan kesepahaman dari Kabupaten Gorontalo dilakukan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo. Sementara dari Koperasi ditandatangani Fadel Muhammad, serta dari kedua perusahaan ditandatangani oleh masing-masing pemimpinnya. Penandatangan kesepahaman dilakukan di Taman Cendekia, Desa Balahu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo. Rabu siang (17/04/24).

Sebagai tahap pertama perjanjian tersebut disepakati, sebagai tahap awal akan dikembangkan tanaman jagung untuk lahan 1000 hektar di Kabupaten Gorontalo. Dari perjanjian itu, dapat dipastikan keberhasilan proyek percontohan itu lebih besar. Pasalnya pihak yang terlibat mulai hulu sampai hilir. Di mana terdapat pemangku kebijakan, produsen bibit dan pupuk, pasar hasil produksi pertanian dan penyedia permodalan. Jangan dilupakan adanya koperasi yang dapat memberikan jaminan kemudahan bagi anggotanya (petani) untuk memperoleh permodalan dari perbankan.

“Prioritas pada musim tanam ini, bulan April - Mei ini adalah 1000 hektar. Khusus untuk Kabupaten Gorontalo, dan petani-petaninya sudah siap,” terang Nelson Pomalingo, yang diamini Fadel Muhammad. 

Lanjutnya, untuk tahap selanjutnya adalah menanam padi dan tanaman pertanian lain, di seluruh Provinsi Gorontalo. Dia bersyukur upaya yang dilakukan tersebut mendapat dukungan dari produsen pupuk, dan pakan ternak, serta perbankan.

“Berkolaborasi dengan pemerintah daerah, oleh karena itu penyuluh pertanian menjadi pendamping. Sehingga kemungkinan suksesnya bisa kita jamin. Baik dari penanam sampai dengan pengolahan hingga pasar,” tandas Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, yang juga ketua HKTI Provinsi Gorontalo itu.

0 Comments

Leave A Comment