Kepala BKPSDM Kabupaten Gorontalo Jufri Damima.

Coolturnesia - Gorontalo - Dirumahkannya tenaga non-PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo setelah masa kontraknya berakhir, pada 31 Desember 2023, menuai berbagai tanggapan dari berbagai pihak. Bahkan memunculkan anggapan, yang menyebutkan adanya upaya pemerasan untuk kepentingan politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Terkait hal tersebut mendapat tanggapan dari Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan SDM (BKPSDM) Kabupaten Gorontalo.

Di hadapan sejumlah awak media Kepala BKPSDM Jufri Damima membantah adanya anggapan upaya pemerasan terhadap tenaga Non PNS untuk kepentingan Politik Tahun 2024.

“Anggapan tersebut sangat tidak berdasar. Sebab kontrak tenaga non PNS ini jangka waktunya hanya satu tahun, dan per 31 Desember 2023 masa kontraknya berakhir,” terang Jufri.

”Sehingga sambil menunggu Penerbitan Kontrak kerja baru untuk tahun 2024, maka pemerintah mengambil kebijakan per 1 Januari 2024 seluruh tenaga Non PNS dirumahkan,” imbuhnya.

Jufri Juga menegaskan, sebelum masa kontrak kerja tahun 2024 diperbaharui dan ditandatangani, maka semua tenaga Non PNS wajib mengikuti Evaluasi yang dilakukan pemerintah daerah. Di mana menurutnya, metode evaluasi mencakup tiga aspek yang meliputi, analisis beban kerja, proporsi ABK masing-masing perangkat daerah, serta aspek disiplin dan kinerja. Evaluasi kompetensi bidang dan evaluasi kompetensi dasar melalui metode CAT seperti pada pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Menurutnya, evaluasi yang dilakukan akan melibatkan analisis mendalam, terkait beban kerja yang ditangani oleh tenaga non-PNS selama periode kontrak mereka. Hal ini bertujuan untuk memastikan, alokasi sumber daya manusia yang tepat diterapkan sesuai dengan kebutuhan nyata di lapangan

“Olehnya dengan adanya evaluasi yang senantiasa dilakukan setiap tahun itu, dapat memberikan kejelasan bagi tenaga non-PNS dan juga menghasilkan kebijakan yang seimbang antara efisiensi administratif dan perlindungan hak-hak pekerja,”tandasnya

0 Comments

Leave A Comment