Deputi Bidang UKM Kementerian koperasi dan UKM Republik Indonesia Hanung Harimba Rachman (Kedua dari Kanan).

Coolturnesia – Gorontalo - Deputi Bidang UKM Kementerian koperasi dan UKM Republik Indonesia, Hanung Harimba Rachman, mengungkapkan, pada saat ini pemerintah melalui Kementrian Koperasi dan UKM, tengah mendorong hilirisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Hal tersebut disampaikannya seusai pembukaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia, yang dipadukan dalam Hulothalo Art & Craft Festival 2023 di Gorontalo.

Hanung menjelaskan, nantinya UMKM tidak sebatas menjual produk-produk yang mereka hasilkan di pasaran, tetapi melakukan hilirisasi produknya, dengan memberikan nilai tambah pada produk yang dihasilkannya.

Dia mencontohkan UMKM rumput laut tidak semata-mata menjual rumput laut kering saja di pasaran, tetapi terlebih dahulu. Karena menurutnya, rumput laut bisa dijadikan bahan pembuatan kerajinan, komistik, bahkann bisa juga diolah menjadi beras analog.

“Bisa UMKM kita bisa begitu. UMKM kita tidak hanya menjadi petani, maid set-nya menjadi industrialis,” kata Hanung Harimba Rachman.

Hanung bahkan yakin UMKM di Indonesia, khsusnya di Gorontalo, bisa melakukan hilirisasi. Keyakinannya itu mencapai 100% bahkan 200%.

“Presiden Habibie dari sini bisa bikin pesawat, masa bikin beras analog saja kagak bisa,” kata Hanung mencontohkan, sekaligus memberi semangat kepada para pelaku UMKM di Gorontalo.(*as)

0 Comments

Leave A Comment