Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Makruf Amin Disambut Kedatanganya Oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer. F. Humas Provinsi.

Coolturnesia – Gorontalo – Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin, sekira pukul 15.48 Wita, tiba di Bandar Udara (Bandara) Djalaludin Tantu, Gorontalo. Kamis (13/04). Kedatangannya itu merupakan kunjungan kerja pertama K.H. Ma’ruf Amin di Gorontalo.

Kedatangan perdana Wakil Presiden RI di Bumi Hulonthalo, disambut secara adat Mopotilolo oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo), di Bandara Djalaludin.

K.H. Ma’ruf Amin tiba dengan menaiki pesawat kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU, dan disambut oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer dan unsur Forkopimda Provinsi Gorontalo.

Penyambutan adat Mopotilolo diiringi tabuhan genderang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo. Tahapan adat pertama yakni Mopodungga Lo Adati yang berisi kata-kata bijak dalam bahasa Gorontalo.

Tahapan penting lainnya yakni Mopodungga Lo Uyilumo, atau mempersilakan minum. Tahapan ini tidak dilakukan mengingat saat ini Wapres dan rombongan sedang berpuasa. Dilanjutkan dengan pembacaan doa.

Mopotilolo diakhiri dengan prosesi Mongabi atau pernyataan secara resmi dari tokoh adat, bahwa pejabat yang disambut dengan adat telah mendapat restu untuk berkunjung ke Gorontalo.

Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer saat menyambut kedatangan Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin dan rombongan mengaku sangat bahagia. Ia berharap kehadiran ulama besar itu membawa berkah bagi Gorontalo.

“Suatu kehormatan bagi pemerintah dan Masyarakat Gorontalo bisa dikunjungi oleh Pak Wapres Ma’ruf Amin. Kehadiran Pak Kiyai mudah-mudah membawa berkah dan keselamatan bagi daerah kami,” kata Hamka, seperti dilansir laman https://gorontaloprov.go.id/.

Selama di Gorontalo, Wapres RI K.H. Ma’ruf Amin, akan mengikuti sejumlah acara seperti salat Isya’ dan Terawih di Masjid Agung Baiturahim Kota Gorontalo. Pada Jumat (14/04), wapres akan menghadiri silaturahmi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) se-Gorontalo. Dilanjutkan meninjau Posyandu di Kelurahan Kayubulan Limboto dan Salat Jumat di Masjid Agung Baiturrahman Limboto. Setelah itu Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin dan rombongan akan bertolak ke Jakarta.(*as)

0 Comments

Leave A Comment