Penyerahan Sertufukat Laik Hygiene Oleh Kadis Kesehatan Kabupaten Puhuwato Kepada Pihak Lapas Kelas IIB Pohuwato. F. Humas Lapas.

Coolturnesia – Gorontalo – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB, UPT Kanwil Kemenkumham Gorontalo, menerima Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Jasa Boga, dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pohuwato. Kamis (23/02).

Penyerahan sertifikat dilakukan secara langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pohuwato, Fidi Mustafa di ruang kerjanya, kepada Kepala Lembaga Pemasyarakatan Pohuwato Irman Jaya. Turut mendampingi Kasibinapigiatja Zainal Bempah dan Kasubsi Keperawatan Rofi Oktafianto.

Sertifikat Laik Hygiene itu, tentunya telah melalui proses pemenuhan persyaratan administrasi dan hasil uji pemeriksaan laboratorium kelaikan hygiene sanitasi makanan. Dalam hal ini, Lapas Pohuwato telah memenuhi standar baku dalam rangka pengendalian faktor makanan, orang, tempat, proses pengolahan dan perlengkapan pengolahan makanan, yang dapat atau mungkin dapat menimbulkan penyakit atau gangguan kesehatan.

Setelah melaksanakan proses serah terima sertifikat, Kalapas Pohuwato Irman Jaya mengatakan, Ini merupakan salah satu bukti nyata, bahwa Lapas Pohuwato menjaga kualitas pelayanan, dan ini merupakan suatu pencapaian prestasi kinerja yang sangat luar biasa dan membanggakan bagi jajaran Lapas.

"Dengan segala potensi dan dukungan sarana dan prasarana yang ada, kita bisa buktikan bahwa kita mampu dan layak. Olehnya pencapaian prestasi ini akan menjadi pemicu seluruh jajaran untuk terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pelayanan khususnya kepada Warga Binaan," tutur Kalapas.

"Saya juga selalu tekankan kepada jajaran bahwa Kualitas Layanan kepada masyarakat khususnya Warga Binaan adalah Prioritas. Tentunya apa yang telah diraih oleh Lapas Pohuwato saat ini tidak lepas dari dukungan Dinas Kesehatan Kabupaten Pohuwato," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pohuwato, Fidi Mustafa, memberikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada Lapas Pohuwato, yang senantiasa fokus memberikan perhatian kepada Warga Binaan.

"Saya bangga dan mengapresiasi atas kepedulian Lapas Pohuwato kepada Warga Binaan. Saya terus mengikuti proses dari awal, dan saya tahu bagaimana perjuangan pihak Lapas  untuk bisa meraih sertifikat laik hygiene ini, tentunya sertifikat ini lahir dari sebuah proses yang cukup panjang dan mengikuti semua aturan serta langkah-langkah dengan baik," ucap Fidi.

Ia berpesan kepada pihak Lapas Pohuwato bahwa untuk menjaga kesinambungan Laik Hygiene itu pihaknya akan monitoring, melakukan uji untuk sampel air, sampel makanan, dan inspeksi dapur secara berkala, untuk memastikan bahwa sertifikat itu memang tepat dan dapat dipertahankan. Ingat pelayanan tidak perlu mewah, yang terpenting adalah bersih, layak, higienis dan sesuai dengan berbagai aturan yang ada.(*andk/rls)

0 Comments

Leave A Comment