Tabel Jumlah Rumah Tangga Usaha Pertanian Gurem di Gorontalo. Sumber BPS. Provinsi Gorontalo.

Coolturnesia – Gorontalo – Menurut Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo, Petani Gurem didefinisikan sebagai rumah tangga yang menggunakan atau menguasai lahan (pertanian dan tempat tinggal) kurang dari 0,50 hektar.

Data Sensus Pertanian 2023 menunjukkan, jumlah petani gurem di Provinsi Gorontalo sekira 37,38 ribu jiwa. Dalam 10 tahun terakhir, jumlah itu menurun sebanyak 3,58 ribu rumah tangga (8,75%), dibanding jumlahnya pada data sensus pertanian 2013, yang tercatat sekira 40,96 ribu rumah tangga.

Sementara itu, Rumah Tangga Petani Bukan gurem hasil ST2023 tercatat sebanyak 94,96 ribu,  sedangkan pada 10 tahun lalu sebanyak 76,29 ribu rumah tangga.

“Hasil dari sensus ini (ST2023) ternyata petani gurem juga mengalami penurunan. Artinya petani dengan sekala luasan lahan yang besar naik,” ujar Kepala BPS Provinsi Gorontalo, Mukhamad Mukhanif.

Hal senada tentang menurunnya jumlah petani gurem, diutarakan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Muldjadi D. Mario.

“Itu (Penurunan Jumlah Petani Gurem, red) menunjukkan usaha pertanian on the track bisa menyejahterakan. Punya potensi menyejahterakan, kalau tidak sudah lama ditinggalkan masyarakat,” terang Muljadi.

Masih berdasar data ST2023, kecamatan di Provinsi Gorontalo dengan jumlah petani gurem paling tinggi adalah Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, dengan jumlah sekira 1.953 rumah tangga.(*as)

0 Comments

Leave A Comment