Presiden Republik Indonesia Joko Widodo Meninjau Pembangunan Bendungan Bulago Ulu, Kabupaten Bone Bolango.

Coolturnesia - Gorontalo - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), serta Menteri Perhubungan Republik Indonesia,  meninjau pembangunan Bendungan Bulango Ulu di Desa Tuloa, Kecamatan Bulango Utara, Kabupaten Bone Bolango.

"Siang hari ini saya dengan Menteri PUPR, Menteri Perhubungan mengunjungi Bendungan Bulango Ulu di Provinsi Gorontalo,“ ujar Presiden RI Jokowi.

Bendungan Bolango Ulu dibangun dengan biaya Rp2,42 triliun. Bendungan satu ini memiliki kapasitas tampung 84,10 juta meter kubik, dengan luas genangan 483,05 hektar, dan bermanfaat untuk irigasi seluas 4,950 hektar. Dapat juga digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) berkapasitas hingga 4,96 MW. Salah satu proyek strateis nasional itu, akan mampu mereduksi banjir 629 hektar, dan sebagai sumber air baku berkapasitas 2,2 meter kubik/detik.

"Ini masih dalam proses pembangunan dan akan selesai Insya Allah akhir tahun ini. Dengan anggarannya 2,42 triliun dan sudah dikerjakan sejak 2019," terangnya.

Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi II Parlinggoman Simanungkalit mengatakan, pembangunan bendungan itu dimulai pada tahun 2019 hingga 2024 dengan dana yang cukup besar.

"Ada beberapa manfaat yang kita peroleh dari tampungan kita yang ada dari bendungan kita ini, kurang lebih kita punya tampungan 84 juta meter kubik dan luas genangannya 483,05 hektar," jelas Parlinggoman.

Dia menerangkan, bendungan itu juga memiliki manfaat untuk irigasi dan pembangkit listrik tenaga mikrohidro.

"Ada manfaat lain yaitu untuk potensi pariwisata provinsi Gorontalo ke depan," kata dia.

Kepala BWS Sulawesi II itu megaku optimis, pembangunan Bendungan Bulango Ulu, dapat diselesaikan di akhir tahun ini.

“Target penyelesaian kita itu pada bulan Oktober 2024,” ungkap Ketua BWS Sulawesi II itu penuh Optimis.

0 Comments

Leave A Comment