Foto Bersama

Coolturnesia - Gorontalo - Pemukulan alat musik pukul tradisional Gorontalo, Polopalo, oleh Penjabat Gubernur Gorontalo, didampingi Kepala Perwakilan Bank Indonesia beserta Forkompinda Provinsi Gorontalo, menandai pembukaan secara resmi Gebyar UMKM 2024. Pameran berbagai produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) olahan pangan, fesyen dan kerajinan itu, digelar di Atrium Citimall Gorontalo, Kota Gorontalo.

Gebyar UMKM itu akan dilaksanakan selama dua hari, 27-28 April 2024. Tema yang diusung adalah UMKM digital dan Siap QRIS.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia saat memberikan sambutan pada pembukaan Gebyar UMKM 2024 mengatakan, pertumbuhan positif ekonomi Provinsi Gorontalo merupakan sentimen positif, sekaligus menjadi momentum kebangkitan aktivitas dan transaksi perekonomian di Provinsi Gorontalo. Diiringi dengan semakin terbukanya mobilitas orang dan barang setelah pandemi covid 19, menjadikan dukungan terciptanya pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Momentum ini juga menjadi kesempatan bagi UMKM untuk menunjukkan kualitas produk yang tidak kalah dari industri,” terang Dian Nugraha.

“Bahkan dengan dukungan dari semua pihak, akan tercipta ekosistem yang dapat mendorong akselerasi pemasaran produk UMKM, tidak hanya dalam negeri tetapi juga luar negeri,” imbuhnya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia, atas terselenggaranya Gebyar UMKM 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Ismail mengaku, untuk menekan ongkos kirim produk UMKM baik kecil atau besar, dirinya sudah meminta menteri perhubungan RI untuk kembali membuka tol laut barang, dari pelabuhan di Gorontalo ke Surabaya.

Dia mengungkapkan, sebelumnya tol laut barang itu sudah beroperasi di Gorontalo, namun karena barang yang dikirim dari Gorontalo tidak ada, maka layanan itu dihentikan.

“Kita harus bisa mengirim produk UMKM Gorontalo masuk pasaran di Jawa,” tegas Pj. Gubernur Gorontalo itu.

Ismail Pakaya menerangkan, dengan dioperasikannya kembali tol laut barang itu, diharapkan ongkos kirim produk dari Gorontalo lebih murah, sehingga dapat lebih bersaing.

0 Comments

Leave A Comment