Foto Bersama.

Coolturnesia - Gorontalo - Mewakili Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Assistant III Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Gorontalo Haris Suparto Tome, menyambut baik kehadiran mahasiswa Politeknik Kesehatan Gorontalo. Mahasiswa tersebut akan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan Terpadu (PKLT), di Kecamatan Tilango dan Telaga Jaya, Kabupaten Gorontalo.

Penyambutan kedatangan para mahasiswa itu, dilakukan di Aula Kantor Camat Tilango, Kabupaten Gorontalo. Rabu (24/04/2024).

Sebagaimana dikatakan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dalam sambutan tertulisnya, pelaksanaan praktik kerja lapangan terpadu itu menarik bagi dirinya. Pasalnya, dalam PKLT tema yang diangkat adalah Pencegahan Stunting dan Penyakit Tidak Menular, khususnya Diabetes Mellitus, dengan pendekatan Interprofessional Education dan Interprofessional Collaboration (IPE-IPC).

“Artinya sambil adik-adik mahasiswa belajar di masyarakat, adik-adik juga melakukan kolaborasi dengan institusi terkait yaitu Dinas Kesehatan, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Puskesmas, pemerintah kecamatan dan pemerintah desa,” kata Haris Suparto Tome, membacakan sambutan tertulis Bupati Gorontalo.

Lanjutnya, pemerintah pusat dan pemerintah daerah sangat serius dalam upaya mencegah dan menanggulangi Stunting. Hal itu dibuktikan dengan beberapa kebijakan yang telah dikeluarkan. Antara lain diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting dan beberapa kebijakan yang ada di Kabupaten Gorontalo.

Telah banyak program pencegahan dan penanganan stunting yang dilaksanakan ada program yang bersifat generik. Ada pula program Inovasi baik yang ada di tingkat kabupaten, kecamatan sampai ke desa-desa.

“Berdasarkan RPJMN, pemerintah telah menargetkan bahwa pada tahun 2024 prevalensi Stunting di Indonesia akan diturunkan hingga angka 14 %. Target tersebut agak berat untuk dicapai, namun pemerintah daerah kabupaten Gorontalo tetap berusaha dengan melibatkan hampir seluruh OPD sesuai dengan Tupoksi masing-masing,” terang Asisten III Kabupaten Gorontalo itu. 

Dalam sambutan tertulisnya Bupati Gorontalo berharap,  dengan kehadiran mahasiswa Politeknik Kesehatan Gorontalo melaksanakan PKLT di Kecamatan Tilango dan Telaga Jaya, akan memberikan tambahan energi, dalam upaya menurunkan prevalensi stunting dan masalah kesehatan lainnya, termasuk upaya mencegah dan mengendalikan Penyakit Tidak Menular seperti Hipertensi dan Diabetes Mellitus.

Pada akhir sambutan tertulisnya, Bupati Gorontalo mengucapkan Terima kasih kepada seluruh Civitas Akademika Politeknik Kesehatan Gorontalo, yang telah memilih Kabupaten Gorontalo, khususnya Kecamatan Tilango dan Telaga Jaya sebagai tempat PKLT.

0 Comments

Leave A Comment