Bupati Gorontalo Nelso Pomalingo.

Coolturnesia - Gorontalo - Satu hari pasca empat gedung di Rumah Sakit MM. Dunda ludes terbakar, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengunjungi rumah sakit tersebut. Berbaju koko putih berkopyah hitam, bupati di samping meninjau puing-puing gedung yang terbakar, dia turut meninjau gedung stroke center yang baru selesai dibangun. Gedung tersebut nantinya akan ditata, dan sebagian akan menjadi gedung pelayanan dan kantor.

Sejak Selasa Sore pasca kebakaran di pagi hari, pelayanan di rumah sakit tersebut sudah berlangsung dengan baik. Pasalnya gedung yang terbakar bukanlah gedung pelayanan bagi pasien.

“Saya tegaskan hari ini (Rabu, 13/03/24), pelayanan semuanya telah berjalan dengan baik,” ujar Nelson Pomalingo menegaskan.

Dia mencontohkan, pelayanan cuci darah dan juga rawat inap sudah dilaksanakan secara normal. Lebih lanjut Nelson Pomalingo mengharapkan, dalam waktu satu minggu ke depan gedung Stroke Center sudah dapat digunakan.

Hal senada turut diungkapkan dan dibenarkan direktur RS MM. Dunda Limboto, dr. Alaludin Lapananda.

“Secara teknis perlu saya sampaikan, pelayanan di Rumah Sakit Dunda berlangsung seperti biasa,” ungkapnya.

Mencegah kebakaran serupa kemungkinan bisa terjadi, Nelson mengaku bersama manajemen rumah sakit akan mengambil beberapa langkah pencegahan. Salah satunya melarang kantin berada di dalam lingkungan rumah sakit.

”Penataan ruangan itu perlu dilakukan, harus ada alat untuk pemadam kebakaran, pertama itu Apar (Alat Pemadam Ringan), yang kedua hidran,” ungkap Nelson.

Dia mengaku, pengadaan dan pembangunan hidran merupakan salah satu program dari pemerintahannya. Saat ini selain di kawasan menara keagungan, pemerintah Kabupaten Gorontalo telah membangun dua hidran lain di kawasan Pasar Modern Limboto.

”Saya berharap di sini (RS MM. Dunda Limboto, red) minimal ada dua hidran,” tegas Bupati Gorontalo itu.

Satu hal yang tidak kalah penting menurut Nelson adalah pengaturan sirkulasi kendaraan di rumah sakit (parkir). Sehingga jika pada kondisi darurat tidak menimbulkan masalah dan menghambat.

”Semua harus diajari, bagaimana kalau terjadi kebakaran, semua harus paham untuk mengendalikan kebakaran itu,” ujarnya.

Usai meninjau puing kebakaran dan gedung stroke Center yang baru, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo memimpin rapat dadakan dengan jajaran manajemen rumah sakit, membahas langkah-langkah yang akan dilakukan pasca kebakaran.(*as)

0 Comments

Leave A Comment