Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo Menerima Lukisan Karikatur Dirinya dari Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Duluwo Limo Lo Pohalaa (YPDLP) Gorontalo.

Coolturnesia - Gorontalo - Masih dalam suasana Lebaran Ketupat, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo membuat sejarah emas di lembaga pendidikan Universitas Gorontalo (UG). Setelah lebih dari 20 tahun belum diserahkan, Nelson Pomalingo menyerahkan hibah aset Pemerintah Kabupaten Gorontalo kepada Yayasan Pendidikan Duluwo Limo Lo Pohalaa (YPDLP). Yayasan yang menaungi Universitas Gorontalo tersebut.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, penyerahan aset tersebut tidak hanya mengukir sejarah bagaimana membangun Universitas Gorontalo semata, tetapi langkah penting membagun negeri, dan daerah untuk mewujudkan peradaban bangsa unggul, melalui sektor pendidikan.

Nelson mengaku, di akhir pemerintahannya sebagai Bupati Gorontalo, dia merasa senang dapat mewujudkan salah satu yang telah puluhan tahun dicita-citakan civitas akademika UG. Yaitu penyerahan aset Pemerintah Kabupaten Gorontalo kepada Yayasan Pendidikan Duluwo Limo Lo Pohalaa (YPDLP). Nelson mengungkapkan, meski delapan tahun terakhir dirinya telah menjalin komunikasi intensif dengan pihak yayasan, namun proses perpindahan aset itu belum selesai tuntas.

“Kenapa belum selesai? Karena saya ingin sukses dan selamat. Kadang kala ada orang sukses tapi tidak selamat. Karena ada problem hukum, masalah dan sebagainya. Maka Alhamdulillah presedur itu sudah kita lakukan dengan benar, ada persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), bahkan mendapat pendapat hukum dari kejaksaan,” kata Nelson menjelaskan.

“Insya Allah, ini (Aset Pemkab Gorontalo yang diserahkan, red) menjadi aset Yayasan Pendidikan Duluwo Limo Lo Pohalaa (YPDLP),” tegasnya.

Lebih lanjut  Nelson Pomalingo menjelaskan, alasan dirinya sebagai Bupati Gorontalo menyerahkan aset yang tertunda itu, sebagai upaya menegaskan dirinya seorang orang perguruan tinggi (Akademisi). Selain itu dia menilai Universitas Gorontalo merupakan media pendidikan untuk membangun peradaban, dan membangun masa depan negara, daerah dan bangsa.

“UG ini menjadi Ikon, aura dan wajah Kabupaten Gorontalo yang tidak bisa dipungkiri. Karena saya kira perguruan tinggi pertama yang ada di Kabupaten Gorontalo adalan Universitas Gorontalo,” ungkap Nelson.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo berharap sekaligus berpesan, aset yang diserahkan di antaranya lahan seluas 1,5 hektar, dan berbagai gedung dapat digunakan dengan oleh yayasan.

0 Comments

Leave A Comment