Ketua dan Komisioner KPU Kabupaten Gorontalo Menerima Pengalungan Syal dari PPK Kecamatan Bongomeme.

Coolturnesia – Gorontalo – Berbeda dengan di kecamatan lainnya, kirab bendera partai politik peserta pemilihan umum 2024 disambut dengan tari penyambutan tamu agung, Longgo. Liak-liuk dua penari mempermainkan pedang seakan tengah berperang itu, menyambut kedatangan kirab bendera dan ketua serta komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo.

Tidak sampai di situ saja, Ketua dan Komisioner KPU Kabupaten Gorontalo yang mengawal jalannya kirab, menerima pengalungan syal yang dibawa Nou dan Uti Kecamatan Bongomeme, berpakaian adat Gorontalo.

Satu persatu syal itu dikalungkan ke leher Ketua dan dua Komisioner KPU Kabupaten Gorontalo. Syal dikalungkan oleh Anggota Panitian Pemilihan Kecamatan (PPK) Bongomeme secara bergantian.

Selain tujuan utama menyosialisasikan partai politik peserta pemilihan umum 2024 kepada masyarakat, di kecamatan ini KPU Kabupaten Gorontalo melakukan sosialisasi bagi pemilih perempuan.

Dalam pembukaan Sosialisasi Bagi Pemilih Perempuan itu, ketua, komisioner KPU Kabupaten Gorontalo, Camat, Kapolsek disambut sekaligus dihibur, dengan penampilan Tari Sarode.

Camat Bongomeme dalam sambutannya mengingatkan pentingnya pemilu bagi masyarakat dari pemerintah pusat hingga daerah.

“Ketahuilah bahwa, dengan kita menggunakan hak suara, ini akan menentukan nasib bangsa, ini akan menentukan nasib pemerintah pusat dan daerah, bahkan nasib kecamatan,” ujar Camat Bongomeme Anton Panani.

Pada kesempatan memberikan sambutannya, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gorontalo kembali menerangkan, tentang perubahan jumlah kursi di DPRD dan daerah pemilihan (Dapil). Di mana jumlah kursi DPRD Kabupaten Gorontalo bertambah dari 35 kursi menjadi 40 kursi. Sedangkan jumlah daerah pemilihannya kini sebanyak enam dapil.

“Dapil satu yakni Kecamatan Limboto dan Limboto barat. Dapil dua Talaga, Talaga Biru, Tilango dan Talaga Jaya. Dapil tiga itu terdiri dari Kecamatan Batudaa, Batudaa Pantai, Tabongo, Biluhu. Dapil Empat yaitu Bongomeme dan Dungalio. Dapil lima Kecamatan Tibawa dan Pulubala. Serta Dapil Enam itu Boliohuto cs,” ungkap Rasid Patamani.

Menurutnya, perubahan jumlah kursi dan daerah pemilihan di Kabupaten Gorontalo itu perlu disosialisasikan. Sehingga masyarakat tidak salah saat menyampaikan suaranya pada pemilihan umum. Selain itu masih menurut Rasid, Pemilu 2024 akan diikuti oleh 18 partai politik.(*as)

0 Comments

Leave A Comment