Para pegawai saat melayani warga/pemohon izin di DPMPTSP-TK Bone Bolango, tepatnya di loket PTSP, di Mal Pelayanan Publik (MPP) Bone Bolango, beberapa waktu yang lalu. (F.AKP/Diskominfo)

Coolturnesia – Tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan perizinan, non perizinan, penanaman modal dan tenaga kerja dengan sistem satu pintu yang dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP-TK) Kabupaten Bone Bolango, meraih predikat sangat baik berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Cosivera Konsultan.

Penilaian ini dilakukan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat penerima layanan dan memberikan rekomendasi atas tindak lanjut yang dapat dilakukan sebagai perbaikan pelayanan publik. Selain itu, penilaian ini juga guna mengukur tingkat keberhasilan dalam membangun kinerja pelayanan publik secara profesional, efektif dan akuntabel akan mengangkat citra positif Pemerintah Kabupaten Bone Bolango. 

Survei dan penilaian ini dilakukan terhadap 291 responden yang terdiri dari 114 laki-laki dan 177 perempuan,  dengan tingkat pendidikan yang berjenjang dari tingkat SD hingga Strata 3.

“Adapun ruang lingkup penilaian yang dilakukan antara lain persyaratan pelayanan, sistem, mekanisme dan prosedur, waktu pelayanan, biaya/tarif pelayanan, kesesuaian produk pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, sarana dan prasarana pelayanan, serta penanganan pengaduan pengguna layanan,” urai Kepala DPMPTSP-TK Kabupaten Bone Bolango, Djumaidil.

Djumaidil menambahkan, dari penilaian ini diperoleh bahwa nilai kepuasan masyarakat terhadap pelayanan DPMPTSP-TK sebesar 89,69 dengan predikat sangat baik. Ia menuturkan selain menggandeng tim independen dalam melakukan penilaian, pihaknya juga turut melakukan penilaian secara mandiri yang dilakukan pertriwulan.

“Kami juga melakukan survei secara mandiri setiap triwulan hasilnya kami publis di website, http://www.perizinan.bonebolangokab.go.id,” ungkap Djumaidil, Selasa (2/8/2021).

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, berharap laporan hasil survei kepuasan masyarakat bagi penyelenggaraan pelayanan publik di PTSP dapat memberikan manfaat bagi Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, penyelenggara pelayanan terpadu satu pintu dan masyarakat pengguna layanan. 

Hamim Pou turut menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu penyelenggaraan kegiatan survei kepuasan masyarakat terutama kepada konsultan independen yang telah ditunjuk untuk melaksanakan kegiatan. 

Terlebih khusus kepada pihak responden atas partisipasinya dalam memberikan informasi kebutuhan laporan survei kepuasan masyarakat atas pelayanan publik di Dinas Penanaman Modal PTSP dan Tenaga Kerja Kabupaten Bone Bolango.

“Semoga hasil survey ini menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah daerah khususnya DPMPTSPTK dalam memberikan layanan bagi masyarakat,” tutup Hamim.

0 Comments

Leave A Comment