Deputi KPwBI Provinsi Gorontalo Taufik Hidayat.

Coolturnesia - Gorontalo - Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Gorontalo, berkolaborasi dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Gorontalo, menggelar sosialisasi manfaat jaminan ketenagakerjaan kepada pelaku UMKM.

Gelaran itu bertajuk, Sosialisasi Program dan Manfaat BPJS Ketenagakerjaan Kepada UMKM di Provinsi Gorontalo. Dilaksanakan di salah satu restoran di Kota Gorontalo. Jumat, (18/08).

“Menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang jaminan ketenagakerjaan khususnya pekerja, baik itu formal maupun informal,” kata Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Gorontalo menerangkan salah satu tugas BPJS Ketenagakerjaan.

“Jaminan ketenagakerjaan merupakan hak bagi setiap pekerja,” sambung Arif Budiman tegas.

Menurutnya, hadirnya BPJS Ketenagakerjaan di tengah masyarakat, khususnya bagi para pekerja, merupakan salah satu bentuk kehadiran negara saat  munculnya risiko, seperti kecelakaan kerja dan kematian. Di mana seringkali kedua hal itu menjadi beban bagi para pelaku UMKM, dan menyebabkan rontoknya usaha.

Sementara itu Deputi KpwBI Provinsi Gorontalo Taufik Hidayat menjelaskan, kolaborasi yang dilakukan Bank Indonesia merupakan wujud nyata dari dukungan BI terhadap aturan dan program-program Ketenagakerjaan pemerintah.
“Sebenarnya banyak keuntungan UMKM jika terlindungi dengan program BPJS Ketenagakerjaan,” ungkap Taufik.

“Dari sarana dan proses produksi UMKM masih terbatas, sehingga ada risiko kecelakaan kerja. Karena itu perlu ada perlindungan,” terangnya.

Diharapkan seluruh pelaku UMKM mendaftarkan seluruh karyawannya, sehingga semuanya terlindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan selama bekerja.(*as)

0 Comments

Leave A Comment