Presiden RI Joko Widodo Panen Raya Jagung di Kabupaten Boalemo.

Coolturnesia - Gorontalo - Usai meresmikan Bandar Udara Panua di Kabupaten Pohuwato, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) terbang menggunakan helikopter ke Kabupaten Boalemo. Di kabupaten ini, presiden melakukan panen raya jagung dan meresmikan Inpres Jalan Daerah di Provinsi Gorontalo. Senin (22/04/24).

Panen Jagung dilakukan di Desa Kotaraja, Kecamatan Dulupi, Kabupaten Boalemo. Saat melakukan panen, Jokowi didampingi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya.

“Produksi jagung kita terus meningkat. Terkait dengan harga, tahun lalu bisa mencapai Rp8.000/kilogram, sekarang turun menjadi Rp4000 - Rp5000/kilogram,” ungkap Presiden RI Jokowi.

“Kita harapkan dua-duanya, produksinya naik tetapi juga harganya meningkat. Pemerintah harus melakukan pembelian melalui Bulog,” sambung Presiden.

Menindaklanjuti arahan Jokowi tersebut, Menteri Pertanian berharap, Bulog segera menyerap produksi jagung dalam negeri, agar harganya tidak jatuh. Terutama di sejumlah sentra produksi jagung, seperti di Provinsi Gorontalo.

“Kami harap betul Bulog bergerak. Kalau terus menerus seperti ini kapan selesainya itu impor,” kata Amran.

Guna meningkatkan produksi jagung di Provinsi Gorontalo, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Perbenihan mengalokasikan bantuan benih senilai Rp65,61 miliar. Bantuan itu terdiri dari benih padi untuk lahan seluas 5.000 hektar senilai Rp2,92 miliar dan benih jagung dengan luas lahan 69.660 hektar sebesar Rp62,69 miliar.

0 Comments

Leave A Comment