Ketua Masyarakat Agribisnis Indonesia (MAI) dan Ketua Dewan Jagung Nasional Fadel Muhammad Memberikan Sambutan.

Coolturnesia - Gorontalo - Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad sangat mendukung dan apresiasi upaya Bupati Gorontalo yang juga Ketua DPD HKTI Provinsi Gorontalo Nelson Pomalingo, terkait terbentuknya Koperasi Tani Nusantara Mandiri, sebagai upaya meningkatkan produktivitas pertanian, salah satunya jagung sebagai komoditas andalan Gorontalo.

Ketua Masyarakat Agribisnis Indonesia (MAI) dan Ketua Dewan Jagung Nasional itu  mengatakan, terbentuknya Koperasi Tani Nusantara Mandiri sebagai sarana untuk meningkatkan kesejahteraan bagi para petani.

Bahkan Kata Fadel, tadi sudah ada Mou dengan berbagai pihak.antara lain PT Casagro Futura Pratama (Produsen pupuk pertanian, Charoen Pokphand Indonesia (CPI) dan bank Sulutgo, 

"Persoalan bibit dan pupuk juga akan akan bekerjasama dengan mereka, ini adalah siklus yang baik. Lembaga finansial seperti Bank SulutGo juga diminta juga untuk bekerja sama membantu penyediaan KUR kepada petani," imbuh Nelson.

Fadel berharap, upaya yang dilakukan Nelson Pomalingo itu berhasil. Jika berhasil, selanjutnya bisa diterapkan secara luas ke tingkat provinsi bahkan nasional.

"Sekali lagi, upaya ini adalah siklus tertutup yang baik untuk petani yakni, petani diberi kemudahan memperoleh KUR dari bank, lalu penyediaan bibit dan pupuk yang berkualitas dengan harga terjangkau serta kemudahan untuk menjual hasil pertanian," pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menegaskan, apa yang diupayakan itu bertujuan untuk mewujudkan kemandirian petani.  Karena selama ini kelemahan petani adalah terlalu bergantung dengan subsidi. Padahal petani memiliki kemampuan dan semangat.

"Saya sangat berharap semoga dengan kolaborasi antara pemerintah daerah, supplier, Masyarakat Agribisnis Indonesia yang dipelopori Pak Fadel Muhammad dan pihak swasta seperti Charoen Pokphand Indonesia, sirkulasi meningkatkan kesejahteraan petani akan terjaga," tandasnya.

0 Comments

Leave A Comment