Foto Bersama Peserta Pelatihan dan Narasumber

Coolturnesia - Gorontalo - Balai Pengambangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunitas Serta Informatika (BPSDMP Kominfo) Manado berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo, menggelar Pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) bagi para pelaku usaha.

Bertema Digitalisasi UMKM Berbasis Syariah, Pelatihan dilangsungkan di Aula Kantor BPSDM Provinsi Gorontalo, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango. Kamis (07/03/24).

Pelaksanaan pelatihan dalam Digital Entrepreneurship Academy (DEA) tersebut, sebagai pengejawantahan perencanaan transformasi digital mempersiapkan SDM talenta digital. Hal itu juga selaras dengan data Bank Dunia yang menyebutkan Indonesia tengah mengalami kesenjangan talenta digital.

”Indonesia memerlukan sembilan juta talent digital dalam 15 tahun, atau rata-rata 600.000 talenta digital per tahun,” ungkap Kepala BPSDMP Kominfo Manado Arsyad, dalam sambutannya yang dibacakan Femy Febi Umboh mewakili.

Kepala Balai dalam sambutan tertulisnya melanjutkan, berdasar data Kementerian Koperasi dan UMKM, 32,44% atau sekira 20,76 juta dari total 64 juta UMKM di Indonesia yang baru masuk dalam ekosistem digital. Di mana menurutnya di 2024 ini ditargetkan 30 juta unit UMKM masuk pasar digital.

”Kontribusi UMKM terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia di tahun 2021 mencapai 60,5%, dan serapannya terhadap tenaga kerja mencapai 96,9%,” tambahnya.

Kegiatan DEA tersebut, bertujuan untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di era revolusi industri 4.0. Diharapkan dengan kolaborasi serta sinergitas BPSDMP Kominfo dan pemerintah daerah dapat memberikan dampak besar bagi pengembangan SDM yang mampu berinovasi dan beradaptasi di era digital.

Dibuka oleh Femy Febi Umboh mewakili Kepala balai, Saat acara pembukaan pelatihan Digitalisasi UMKM Berbasis Syariah tersebut, Menghadirkan narasumber Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki dan Kepala Dinas Tenaga Kerja, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM Kabupaten Bone Bolango.(*as)

0 Comments

Leave A Comment