Bank Indonesia Gorontalo Memberikan Bantuan Kepada Para Pengemudi Bentor yang Terdampak Covid-19 Dalam Program Program Sosial Bank Indonesia (PSBI). Foto dok Humas BI)

Coolurnesia - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo menyelenggarakan Program Sosial dengan tema “Peduli COVID-19” dan “Bank Indonesia Berbagi”. Rabu (18/08). 

pada kegiatan yang digelar satu hari setelah peringatan hari kemerdekaan ke-76 tahun republik indonesia itu, bank indonesia menyasar 567 pengemudi bentor. Mereka adalah kelompok penyedia jasa transportasi terbesar di Gorontalo yang operasionalnya terdampak pndemi covid-19.

Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) itu, bertujuan endorong Pemulihan Dampak COVID-19 kepada masyarakat yang terdampak dan mendukung pemulihan ekonomi di Provinsi Gorontalo.

penyaluran bantuan (PSBI) bagi para pengemudi bentor itu, akan dilaksankan dari 18 - 31 Agustus 2021. Penyaluran diawali dengan penyerahan secara simbolis yang turut dihadiri Sekertaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, BPBD, dan Balai Pengelola Transportasi Darat.

PSBI peduli COVID Bentor ini merupakan tahap kedua dan terakhir penyaluran bantuan sosial, setelah tahap pertama dilaksanakan di Bulan Mei 2021 lalu. Para pengemudi bentor yang menjadi penerima manfaat bantuan sosial juga dilengkapi dengan alat pendukung QRIS berupa stiker dan kalung nametag yang menampilkan QR-code QRIS pengemudi tersebut. 
Dengan sosialisasi penggunaan QRIS kepada para pengemudi bentor tersebut, diharapkan mereka menjadi pioner dan memperluas ekosistem pembayaran digital di Gorontalo.

“Program Sosial Bank Indonesia ini tentunya sebagai wujud kepedulian sosial kami kepada para penggerak ekonomi di Gorontalo, khususnya para pelaku di sektor moda transportasi bentor, yang operasionalnya terhambat COVID-19," ungkap Miftahul Huda.

"Selain itu, sosialisasi penggunaan QRIS dilaksanakan sebagai upaya mendorong perwujudan ekosistem pembayaran non tunai melalui perluasan penggunaan QRIS," imbuhnya.

Lebih lanjut Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo itu menjelaskan, Dengan terwujudnya ekosistem pembayaran digital, transaksi dengan pengemudi bentor tidak perlu lagi menggunakan uang cash yang mana metode QRIS lebih Cepat, Mudah, Murah, Aman, dan Handal. Hal itu tentunya mengurangi risiko penyebaran virus covid-19 akibat pertukaran uang secara langsung. 

"Kami berharap kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua, terutama dalam mengurangi beban kelompok masyarakat Gorontalo akibat Pandemi COVID-19 yang belum berakhir ini dan juga mewujudkan ekosistem pembayaran nontunai, terkhusus di komunitas pengemudi bentor," pungkasnya.

0 Comments

Leave A Comment