Penyerahan Piala Adipura 2023 dari Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo Kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo.

Coolturnesia - Gorontalo - Aksi Bersih Negeri dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, diperingati serentak di 32 provinsi di Indonesia secara daring. Di Provinsi Gorontalo dipusatkan di Pentadio Resort, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo. Jumat (8/03/24).

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, diwakili Staf Khusus Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bidang Media Komunikasi Irjen. Pol. (Purn) Jhonny Siahaan. Pemerintah Provinsi Gorontalo diwakili Asisten III Administrasi umum Yose P. Koton. Hadir sebagai tuan rumah Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

Jhonny Siahaan mengaku bersyukur dan gembira bisa bertemu Bupati Nelson Pomalingo. Dia mengungkapkan, aksi bersih negeri dengan membersihkan sampah-sampah tersebut, difokuskan pada pembersihan sampah plastik.

”Sampah plastik ini perlu kita bersihkan, sehingga dapat mengurangi dampak banjir, dan emisi,” ujar Jhonny.

Lebih lanjut Jhonny berharap, pemerintah daerah dapat mengajak masyarakat, bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, sehingga tercipta lingkungan yang nyaman dan jauh dari kerusakan alam.

Sementara itu, Bupati Gorontalo dengan tegas menyatakan, persoalan sampah, khususnya sampah plastik, adalah permasalahan bersama. Pasalnya sampah akan mengakibatkan pencemaran lingkungan yang serius, jika tidak ditangani dengan benar. Terlebih sampah plastik, yang akan memberikan dampak panjang bagi lingkungan dan masyarakat, karena sampah plastik memerlukan waktu teramat lama untuk bisa terurai oleh alam.

“Harinya tidak sekedar diperingati, tetapi harus dilanjutkan bagaimana mengelola sampah dengan baik,” tegas Nelson.

”Tahun depan harus 30% pengurangan sampah, dan 70% dikelola. Bahkan diharapkan 2050 tidak ada lagi sampah (berserakan) di Indonesia,” sambung Bupati Gorontalo itu.

Dalam mengelola sampah, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengakui tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah daerah, karena itu diperlukan peran serta masyarakat untuk senantiasa menjaga lingkungan tetap bersih dari sampah.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Gorontalo menyerahkan Piala Adipura 2023 yang berhasil diraih kabupaten yang dipimpinnya, kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo Anita Hippy.(*as)

0 Comments

Leave A Comment