Pelaksanaan Musrembang Desa Deme II di Kecamatan Sumalata Timur, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo

Coolturnesia - Mahasiswa KKN Tematik Universitas Negeri Gorontalo (UNG) turut menyukseskan Musrembang Desa Deme II di Kecamatan Sumalata Timur, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

Salah seorang mahasiswa KKN, Cici Kondengis, mengatakan, para mahasiswa KKN Tematik UNG mendampingi masyarakat untuk memahami maksud, konsep dan apa saja yang akan dilakukan pada Musrembang itu.

"Selanjutnya, hasil dari Musrembang akan menjadi program pembangunan Desa Deme II pada tahun 2022 nanti. Selain itu program yang dihasilkan akan mendapat prioritas dana dari APBDes," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Deme II, Abdul Hafid Bora mengatakan, dengan mencermati program-program yang ada RPJMDes dan melalui prosedur sebagaimana yang telah ditetapkan, akhirnya disepakati program-program apa saja yang akan masuk ke dalam RKPDes Tahun Anggaran 2022. 

"Program-program yang tertunda, yang tidak dapat dilaksanakan pada tahun anggaran 2021 karena adanya wabah COVID-19 akan menjadi prioritas dalam RKPDes Tahun 2021. Begitu juga program-program yang sifatnya reguler otomatis masuk dalam RKPDes Tahun 2022," ujarnya.

Pada penyusunan perencanaan pembangunan desa tahun 2022, salah satu regulasi yang menjadi pedoman adalah Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa bahwa Sustainable Development Goals (SDGs) Desa yang merupakan arah kebijakan Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

"Maka perlu dilakukan pendataan dan penyelarasan arah kebijakan pembangunan Desa melalui Sistem Informasi Desa," jelasnya.

0 Comments

Leave A Comment