Seorang wisatawan berenang bersama seekor Hiu Paus di pantai Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Foto Coolturnesia

Coolturnesia - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Provinsi Gorontalo mencatat jumlah kunjungan wisatawan domestik ke daerah itu mencapai 600 ribu orang sejak bulan Januari hingga Oktober 2019.

Kepala Dinas Parekraf Provinsi Gorontalo Rifli Katili mengatakan jumlah kunjungan tersebut sudah sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

"Memang untuk di tahun 2019 itu target kita ada di sekitar 600 ribuan, dibandingkan dengan kunjungan pada tahun sebelumnya itu termasuk cukup signifikan penurunannya, karena pada tahun sebelumnya kunjungan wisatawan mencapai 900 ribuan orang," ujarnya.

Ia mengaku target tersebut sudah dibuat sesuai dengan RPJMD, oleh karena itu jumlah kunjungan tahun 2018 jauh melebihi target.

Rifli menjelaskan jika salah satu penyebab penurunan jumlah pengunjung domestik karena harga tiket pesawat.

"Selain itu juga, ada beberapa ikon kita seperti misalnya hiu paus itukan termasuk juga mempunyai daya tarik tersendiri selain pulau cinta dan pulau saronde," kata dia, lagi.

Ia menjelaskan jika sepanjang tahun 2019 hiu paus jarang muncul ke permukaan di perairan Botubarani.


Infografis: Ipep Febrianto

0 Comments

Leave A Comment