Kakanwil Kemenkumham Gorontalo Pastikan Keamanan dan Kedisiplinan Dengan Pantau Aktivitas Malam WBP

Coolturnesia - Gorontalo - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo, Pagar Butar Butar, melaksanakan inspeksi ke dalam blok hunian Lapas Kelas IIB Pohuwato. Kamis malam (18/4/2024).

Kakanwil memantau langsung aktivitas para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan petugas lapas. Dia berinteraksi dengan narapidana, untuk mendengarkan keluhan dan masukan mereka. 

Pagar Butar Butar  mengatakan, langkah itu diperlukan untuk memastikan keamanan dan kedisiplinan di dalam lapas.

"Inspeksi ini merupakan bagian dari tanggung jawab kami, untuk memastikan bahwa lapas berfungsi sesuai dengan standar yang ditetapkan," tegas Kakanwil.

Tak hanya itu, ia menyampaikan, keamanan dan pembinaan para warga binaan adalah prioritas utama bagi Kemenkumham. 

"Kami berkomitmen untuk memberikan perlakuan yang adil dan manusiawi kepada warga binaan, sekaligus memastikan bahwa mereka mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki diri dan kembali menjadi anggota produktif dalam masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, adanya inspeksi itu diharapkan akan mendorong peningkatan pengawasan dan manajemen di dalam lapas. Tindakan itu juga menjadi sinyal bagi seluruh petugas lapas untuk selalu waspada dan bertanggung jawab, dalam menjalankan tugasnya.

"Hanya dengan kolaborasi yang kuat antara semua pihak yang terlibat, kita dapat menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung proses pembinaan dan reintegrasi sosial para warga binaan," tandasnya.

0 Comments

Leave A Comment