Kepala BPTP Gorontalo Amin Nur Bersama Jajaran Berfoto Bersama Usai Menanam Benih Bawang Putih di Dataran Rendah, di Desa Balahu, Kec. Tibawa, Kab. Gorontalo.

Coolturnesia - Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Gorontalo kembali melakukan uji terap adaptasi varitas bawang putih varitas Lumbu Hijau di dataran rendah. Kali ini bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo, penanaman benih bawang putih di tanah di lahan integrated farming system Cendekia, Desa Balahu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo.

Penanaman benih bawang putih kali ini cukup spesial. Pasalnya penanaman dilakukan oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo di dampingi Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Gorontalo, Amin Nur. Bersama mereka turut menanam benih bawang putih, Direktur MNC group, Yadi Herdiana dan kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo

Kepala BPTP Gorontalo mengungkapkan, uji terap pengembangan varitas bawang putih di dataran rendah, khususnya di Kabupaten Gorontalo, selain tempatnya representatife juga tidak lepas dari adanya dukungan dari pemerintah setempat.

“Tujuannya untuk melihat bagaimana respon bawang putih ini terhadap lingkungan. Karena kita tahu memang bawang putih mempunyai adaptasi di daerah dataran menengah dan tinggi, lingkungan yang dingin. Kajian-kajian ini ke depannya ketika Kita mendapatkan sumber benih yang toleran terhadap dataran rendah, akan dijadikan indukan untuk dikembangkan lebih lanjut,” terang Amin Nun, Kepala BPTP Gorontalo.

Tidak hanya melakukan uji terap di dataran rendah, Amin mengungkapkan, BPTP Gorontalo juga melakukan uji terap di dataran menengah dan tinggi di Gorontalo.

Sementara itu, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menilai, peran Badan Pengkajian Teknologi Pertanian sangat penting. Pasalnya Berdasarkan riset, data-data yang akurat dan teknologi yang dikembangkan BPTP Gorontalo, pengembangan pertanian dapat dilakukan dengan tepat dan benar. Sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

0 Comments

Leave A Comment