Kepala BPTP Gorontalo, Amin Nur, Tengah Memaparkan Keterbukaan Informasi Publik Yang Diterapkan di Lingkungan UPT yang dipimpinnya, Dalam Tahap Final Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik Lingkup Kementrian Pertanian, Jumat (20/08)

Coolturnesia - Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Gorontalo Amin Nur didampingi Tim PPID BPTP Gorontalo, mengikuti tahapan terakhir pemeringkatan keterbukaan informasi publik lingkup Kementerian Pertanian. Jumat (20/8/21) bertempat di Gedung AOR.Tahap terakhir ini adalah tahapan wawancara. 

Wawancara dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting. Tahapan ini dilakukan untuk menggali pemahaman kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT), terkait komitmen dan implementasi keterbukaan informasi publik di masing-masing UPT. Kegiatan yang dimediasi oleh PPID Utama Kementerian Pertanian ini, menghadirkan 3 orang dewan juri dari Komisi Informasi Pusat (KIP). 

Dalam paparannya Kepala BPTP Gorontalo menyampaikan bentuk komitmen pimpinan dan segenap staf BPTP Gorontalo, terhadap Keterbukaan Informasi Publik yang diamanatkan dalam UU No.14 tahun 2008 tentang KIP, dan PP No.61 tahun 2010 sebagai Pedoman pelaksanaan KIP. Amin Nur fokus pada tiga hal, yakni Penyediaan Anggaran, Penyediaan Sarana Prasarana Pendukung dan Penyiapan SDM berkualitas yang berpedoman pada semboyan Perkuat AMIN (Accountability, Management, Integrity & Networking). 

Masuknya BPTP Gorontalo bersama 12 UPT eselon 3 lainnya pada tahap wawancara, secara otomatis menempatkan BPTP Gorontalo meraih peringkat tertinggi pada pelayanan KIP, yaitu peringkat INFORMATIF. Amin Nur berharap, semoga  capaian ini menjadi  pendorong segenap staf (peneliti/penyuluh/litkayasa/teknis) Balitbangtan BPTP Gorontalo dalam memberikan keterbukaan Informasi Inotek dan terus berinovasi untuk kemandirian, kemajuan dan modernisasi pertanian, di tengah pandemi covid 19 ini. 

Adapun bentuk layanan inovatif yg dikembangkan selama pandemi covid 19 dan sempat menjadi perhatian dan mendapatkan apresiasi dari Dewan Juri adalah, Layanan Buku Tamu online terintegrasi website, Video Profile Balitbangtan Bptp Gorontalo yang memuat seluruh informasi (SDM, Sarana dan prasarana, Inotek Pertanian), Aplikasi BPTP Mobile berbasis Android "Balitbangtan BPTP Gorontalo dalam Genggaman" yang dapat diunduh di Playstore, serta Aplikasi Internal "SI JUARA" (Sistem Pengajuan Anggaran) yang mengusung "PaperLess" dan mengurangi interaksi antar staf dalam pengajuan anggaran.

0 Comments

Leave A Comment