Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo Budi Widihartanto memberikan sambutan pada pertemuan tahunan BI di Kota Gorontalo, Gorontalo. Foto Coolturnesia

Coolturnesia - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Gorontalo mendata perkembangan kondisi makro ekonomi Gorontalo tahun 2019 cenderung tumbuh stabil. 

"Pada tahun 2019, ekonomi Gorontalo diperkirakan tumbuh pada kisaran 6,06-6,46 persen (yoy), dengan tingkat inflasi yang terjaga dalam sasaran inflasi nasional," ujar Kepala KPw BI Provinsi Gorontalo, Budi Widihartanto.

Ia mengatakan, disisi stabilitas sistem keuangan, kinerja positif tercermin dari tren penyaluran kredit yang terus mengalami peningkatan disertai dengan tingkat risiko kredit yang menurun di tahun 2019.

Budi mengungkapkan, selama tahun 2019, kinerja positif ekonomi Gorontalo ditopang oleh peningkatan konsumsi dan pertumbuhan sektor ekonomi pendukung atau tersier. 

Hal ini tercermin dari akselerasi pertumbuhan ekonomi di sektor primer perdagangan serta sektor pendukung lainnya seperti industri pengolahan, pengelolaan air yang mampu mendorong dan menjaga pertumbuhan ekonomi Gorontalo tetap diatas rata-rata nasional.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi nasional 2019 diperkirakan berada di sekitar 5,1 persen (yoy) dengan ditopang oleh kuatnya permintaan domestik.

Pada tahun 2019, defisit transaksi berjalan diperkirakan tetap terkendali berada di level yang aman sekitar 2,7 persen dari PDB dan dalam kisaran 2,5 persen-3 persen dari PDB.

0 Comments

Leave A Comment